Technology Meets Creativity

Tugas Ke - 6
Kapita selekta, 3 Oktober 2013

Pembicara : Mr. Andi Silalahi & Mr. Joe Taslim
Judul :  Technology Meets Creativity


Media sosial memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan manusia modern di berbagai belahan dunia, tak terkecuali di Indonesia khususnya di kota Jakarta. Pengguna media sosial terbanyak rata-rata ialah dengan range usia 18 - 35 tahun.
Pengguna twitter di Indonesia mencapai angka 19,5 juta dan termasuk dalam peringkat ke-5 dunia. Bahkan dalam pertemuan seminar yang diselenggarakan oleh TKC dengan tema "Technology Meets Creativity" berhasil membuka mata atau menyadarkan para penonton yang ada di ruang auditorium lantai 3 dan 4 Gedung Utama Universitas Tarumanagara. Seminar ini mengajak mahasiswa untuk berpartisipasi melalui media digital salah satunya twitter, dimana yang ingin bertanya dapat bertanya dengan #LearningFromYou. Ini salah satu tweet dari Angelia Karina yang juga menghadiri seminar pada tanggal 3 Oktober 2013 lalu "With social media you can stay in touch w/ everybody,help earn paychek,update w/ the latest news #LearningFromYou @LGmobileID @Think_digital."
 Diungkapkan fakta bahwa kota Jakarta adalah pengguna twitter terbanyak untuk seluruh wilayah di Indonesia. Selain itu, dijelaskan pula hari kamis merupakan hari tersibuk para pengguna Twitter di Indonesia untuk mengupdate status mereka dalam jejaring media sosial tersebut. Sebesar 17,2 % jumlah kicauan di hari Kamis yang menempati urutan tertinggi dibandingkan hari yang lainnya. Berikut salah satu tweet dari mahasiswa yang menghadiri seminar oleh @agathaoline yang berkicau  "Jakarta tweets 2.4% of 10.6 billion tweets worldwide. It's the 2nd most in the world. #LearningFromYou @lgmobileid @Think_D". Begitu banyaknya jumlah pengguna Twitter di Jakarta yang turut menyumbang kicauan 2,4%  dan berhasil menjadi jumlah kedua terbesar di dunia.
Fenomena di atas menyadarkan kita bahwa media sosial kini memiliki peran yang sangat penting sebagai sarana komunikasi, pertukaran informasi, dan mampu menjadi wadah masyarakat dalam menyalurkan aspirasi mereka yang sebelumnya dipendam (entah itu perihal kegalauan, kesukaan, atau apapun) dan kini bisa diungkapkan dalam media social yang salah satunya adalah Twitter.
Andi Silalahi adalah salah seorang pembicara yang didaulat dalam acara seminar tersebut. Ia juga menjelaskan beberapa hal penting dan unik mengenai cara kerja google. Ternyata kita hanya membutuhkan waktu 2 sampai 12 detik untuk mencari kata kunci yang kita ketik di halaman web Google.. Pemenang Googlies Award 2010 SEA ini juga tak segan memperlihatkan beberapa foto dirinya saat berlibur di Eropa. Sungguh menarik dan edukatif penjelasan yang telah diberikan olehnya. Sebagai seorang pebisnis yang memiliki mobilitas tinggi, ia menggunakan media digital yang tak mengenal jarak dan waktu to stay connected kepada keluarga maupun teman-temannya even sedang berada di luar negeri.
Kehadiran Boris Bokir dan Joe Taslim pun turut memeriahkan jalannya acara seminar dan atmosfer dalam ruangan auditorium sungguh bercampur dengan berbagai macam emosi yang diberikan oleh para penonton di mana tak mampu dibendung lagi. Ketika Boris Bokir memulai keahliannya dalam stand up comedy banyak penonton yang mulai tersenyum, cengar-cengir, dan adapula yang tertawa hingga terbahak-bahak mendengar segala celotehannya. Namun, ketika Joe Taslim turun ke panggung dan mulai mensharingkan pengalamannya saat berperan menjadi salah satu pemain dalam film ‘Fast & Furious 6' hampir seluruh penonton teriak histeris dan suasana berubah menjadi hangat karena diselingi dengan diskusi antara penonton dan sang guest star.  Joe Taslim sebagai aktor yang terlibat dalam film internasional juga berbicara tentang peran penting media digital yang selama ini juga digunakan olehnya.

Sekilas tentang pembicara :
Andi Silalahi

is a Founder & CEO of ThinkDigital Indonesia. He is the first person to primarily introduce and execute the Digital Ecosystem Concept to Agency and Advertisers in Indonesia through combining the “Collaborators” concept; whereas the Digital Marketing is optimal in terms of result when each Digital Company and Digital Marketing practitioner, along with such, collaborate instead of compete with each other.
Prior to the established ThinkDigital Indonesia, Andi also worked as a Co-Founder and Managing Director at DGtraffic Indonesia – Indonesia’s First Google Advertising Certified Partner on year 2009. By his success to educate Small Medium Business market and big Brands in terms of Digital Marketing Strategy in Indonesia, Andi also has been given an Award from Google South East Asia namely: Googlies Award 2010 South East Asia along with DGtraffic, which was held in the Google Office located in Singapore.
Andi has also handled Digital campaigns for big brands in South East Asia through one of the IT companies namely Teledata as one of reliable telecommunication companies in South East Asia. At Teledata, Andi had been appointed as Business Development Manager on Vintedge division to develop “Online and Interactive Marketing Solution” business unit which handled big clients such as Citibank, Adidas, Samsung, etc.
Besides, Andi is also very active to be involved as a CEO in one of the biggest Car Portals in Indonesia namely RajaMobil.com and Co-Founder of one of the Finance (Credit and Consumers Loans) Portals in Indonesia namely CariKredit.com.
In the last 3 years, Andi had been very active to become a speaker of Digital Marketing through Google AdWords Seminars that are held for different market types such as Small Medium Businesses, Big Brands and also for some Digital Agencies as follow :
u       Speaker at “Bellua Cyber Asia”- Jakarta Convention Center - 2008
u       Speaker at “Google AdWords Seminar for SMB”- BalaiKartini Ballroom Jakarta - 2009
u       Speaker at “Google AdWords Seminar for Hotel and Resort Industry” - Bali - 2010
u       Speaker at “Google AdWords Seminar and Website Always ON 24 Hours Strategy” - Jakarta - 2011
u       Speaker “Search Marketing and Social Media Strategy – Workshop” for Garuda Indonesia - Jakarta - 2011
u       And Many Others
Moreover, Andi has been actively carrying out the Digital Marketing Workshop to Media Agencies in Indonesia such as Interaction (Group M), Initiative (UM), OMD, DDB, Zenith, Carat, Dentsu and many more. Also, the Digital Marketing Workshop is being carried out to the internal team of big brands such as Garuda Indonesia, XL Axiata, LG Indonesia, HP Indonesia, etc.

Bintang tamu :
1. Johannes Taslim or Joe Taslim
Merupakan seorang model Indonesia, aktor dan mengawali karier nya sebagai atlet Judo
2. Boris Bokir

Merupakan pembicara komedian dalam "stand up comedy"

0 comments:

Post a Comment