Tugas Ke - 6
Kapita selekta, 3 Oktober 2013
Pembicara : Mr. Andi Silalahi & Mr. Joe Taslim
Judul : Technology Meets Creativity
Media sosial memiliki peranan yang sangat penting dalam
kehidupan manusia modern di berbagai belahan dunia, tak terkecuali di Indonesia
khususnya di kota Jakarta. Pengguna media sosial terbanyak rata-rata ialah
dengan range usia 18 - 35 tahun.
Pengguna twitter di Indonesia mencapai angka 19,5 juta dan
termasuk dalam peringkat ke-5 dunia. Bahkan dalam pertemuan seminar yang
diselenggarakan oleh TKC dengan tema "Technology Meets Creativity"
berhasil membuka mata atau menyadarkan para penonton yang ada di ruang
auditorium lantai 3 dan 4 Gedung Utama Universitas Tarumanagara. Seminar ini
mengajak mahasiswa untuk berpartisipasi melalui media digital salah satunya
twitter, dimana yang ingin bertanya dapat bertanya dengan #LearningFromYou. Ini
salah satu tweet dari Angelia Karina yang juga menghadiri seminar pada tanggal
3 Oktober 2013 lalu "With social media you can stay in touch w/
everybody,help earn paychek,update w/ the latest news #LearningFromYou
@LGmobileID @Think_digital."
Diungkapkan fakta
bahwa kota Jakarta adalah pengguna twitter terbanyak untuk seluruh wilayah di
Indonesia. Selain itu, dijelaskan pula hari kamis merupakan hari tersibuk para
pengguna Twitter di Indonesia untuk mengupdate status mereka dalam jejaring
media sosial tersebut. Sebesar 17,2 % jumlah kicauan di hari Kamis yang
menempati urutan tertinggi dibandingkan hari yang lainnya. Berikut salah satu
tweet dari mahasiswa yang menghadiri seminar oleh @agathaoline yang
berkicau "Jakarta tweets 2.4% of
10.6 billion tweets worldwide. It's the 2nd most in the world. #LearningFromYou
@lgmobileid @Think_D". Begitu banyaknya jumlah pengguna Twitter di Jakarta
yang turut menyumbang kicauan 2,4% dan
berhasil menjadi jumlah kedua terbesar di dunia.
Fenomena di atas menyadarkan kita bahwa media sosial kini
memiliki peran yang sangat penting sebagai sarana komunikasi, pertukaran
informasi, dan mampu menjadi wadah masyarakat dalam menyalurkan aspirasi mereka
yang sebelumnya dipendam (entah itu perihal kegalauan, kesukaan, atau apapun)
dan kini bisa diungkapkan dalam media social yang salah satunya adalah Twitter.
Andi Silalahi adalah salah seorang pembicara yang didaulat
dalam acara seminar tersebut. Ia juga menjelaskan beberapa hal penting dan unik
mengenai cara kerja google. Ternyata kita hanya membutuhkan waktu 2 sampai 12
detik untuk mencari kata kunci yang kita ketik di halaman web Google.. Pemenang
Googlies Award 2010 SEA ini juga tak segan memperlihatkan beberapa foto dirinya
saat berlibur di Eropa. Sungguh menarik dan edukatif penjelasan yang telah
diberikan olehnya. Sebagai seorang pebisnis yang memiliki mobilitas tinggi, ia
menggunakan media digital yang tak mengenal jarak dan waktu to stay connected
kepada keluarga maupun teman-temannya even sedang berada di luar negeri.
Kehadiran Boris Bokir dan Joe Taslim pun turut memeriahkan
jalannya acara seminar dan atmosfer dalam ruangan auditorium sungguh bercampur
dengan berbagai macam emosi yang diberikan oleh para penonton di mana tak mampu
dibendung lagi. Ketika Boris Bokir memulai keahliannya dalam stand up comedy
banyak penonton yang mulai tersenyum, cengar-cengir, dan adapula yang tertawa
hingga terbahak-bahak mendengar segala celotehannya. Namun, ketika Joe Taslim
turun ke panggung dan mulai mensharingkan
pengalamannya saat berperan menjadi salah satu pemain dalam film ‘Fast &
Furious 6' hampir seluruh penonton teriak histeris dan suasana berubah menjadi
hangat karena diselingi dengan diskusi antara penonton dan sang guest star. Joe Taslim sebagai aktor yang terlibat dalam
film internasional juga berbicara tentang peran penting media digital yang
selama ini juga digunakan olehnya.
Sekilas tentang pembicara :
Andi Silalahi
is a Founder & CEO of ThinkDigital Indonesia. He is
the first person to primarily introduce and execute the Digital Ecosystem
Concept to Agency and Advertisers in Indonesia through combining the “Collaborators”
concept; whereas the Digital Marketing is optimal in terms of result when each
Digital Company and Digital Marketing practitioner, along with such,
collaborate instead of compete with each other.
Prior to the established ThinkDigital Indonesia, Andi also
worked as a Co-Founder and Managing Director at DGtraffic Indonesia – Indonesia’s
First Google Advertising Certified Partner on year 2009. By his success to
educate Small Medium Business market and big Brands in terms of Digital
Marketing Strategy in Indonesia, Andi also has been given an Award from Google
South East Asia namely: Googlies Award 2010 South East Asia along with
DGtraffic, which was held in the Google Office located in Singapore.
Andi has also handled Digital campaigns for big brands in
South East Asia through one of the IT companies namely Teledata as one of reliable
telecommunication companies in South East Asia. At Teledata, Andi had been
appointed as Business Development Manager on Vintedge division to develop “Online
and Interactive Marketing Solution” business unit which handled big clients
such as Citibank, Adidas, Samsung, etc.
Besides, Andi is also very active to be involved as a CEO
in one of the biggest Car Portals in Indonesia namely RajaMobil.com and
Co-Founder of one of the Finance (Credit and Consumers Loans) Portals in
Indonesia namely CariKredit.com.
In the last 3 years, Andi had been very active to become a
speaker of Digital Marketing through Google AdWords Seminars that are held for
different market types such as Small Medium Businesses, Big Brands and also for
some Digital Agencies as follow :
u
Speaker at “Bellua Cyber
Asia”- Jakarta Convention Center - 2008
u
Speaker at “Google AdWords
Seminar for SMB”- BalaiKartini Ballroom Jakarta - 2009
u
Speaker at “Google AdWords
Seminar for Hotel and Resort Industry” - Bali - 2010
u
Speaker at “Google AdWords
Seminar and Website Always ON 24 Hours Strategy” - Jakarta - 2011
u
Speaker “Search Marketing
and Social Media Strategy – Workshop” for Garuda Indonesia - Jakarta - 2011
u
And Many Others
Moreover, Andi has been actively carrying out the Digital
Marketing Workshop to Media Agencies in Indonesia such as Interaction (Group
M), Initiative (UM), OMD, DDB, Zenith, Carat, Dentsu and many more. Also, the
Digital Marketing Workshop is being carried out to the internal team of big
brands such as Garuda Indonesia, XL Axiata, LG Indonesia, HP Indonesia, etc.
Bintang tamu :
1. Johannes Taslim or Joe Taslim
Merupakan seorang model Indonesia, aktor dan mengawali karier nya
sebagai atlet Judo
2. Boris Bokir
Merupakan pembicara komedian dalam "stand up comedy"
0 comments:
Post a Comment