Tugas
ke - 12
Kapita
Selekta, 28 November 2013
Pembicara : Mr. Yugih Setyanto, S.Sos., M.Si
Judul : Peran Public Relations Dalam Membangun Hubungan Dengan Khalayak Melalui Website dan Event
Pembicara : Mr. Yugih Setyanto, S.Sos., M.Si
Judul : Peran Public Relations Dalam Membangun Hubungan Dengan Khalayak Melalui Website dan Event
Pada pertemuan Kapita Selekta pada tanggal 28 November 2013, Bapak
Yugih Setyanto selaku dosen Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara
memberikan Materi yang menarik untuk dibahas yaitu, Peran Public Relations dalam membangun
hubungan dengan khalayak melalui Website dan Event. Keberhasilan suatu perusahaan dalam
membangun hubungan dengan khalayak tergantung dari peran dari seorang Public
Relations, kelompok kami berpendapat bahwa ditengah kemajuan teknologi dan
persaingan usaha yang begitu ketat, maka seorang Public relation harus dapat
membangung hubungan yang baik dengan masyarakat melalui website dan mengadakan
event.
Seorang Public Relations mengirim Press Release
kepada media dengan tujuan agar berita atau citra baik mengenai perusahaan
dapat dimuat di media massa. Namun, pada umumnya sedikit sekali press release
yang dijadikan berita oleh wartawan.Ketika akan menulis artikel, seorang
wartawan mencoba mencari bahan dari mesin pencari atau google. Public Relations
hanya membombardir media dengan press release yang sebenarnya tidak dibutuhkan
oleh wartawan.
Pada kenyataanya, Redaktur dan reporter berita cenderung
menggunakan website untuk mencari berita mengenai seseorang dan perusahaan yang
menarik untuk ditulis. Website
sebagai media pengenalan perusahaan kepada masyarakat merupakan salah satu cara
yang efektif dilakukan saat ini mengingat begitu banyaknya pengguna internet
pada zaman digitalisasi saat ini. Jika kita baru saja mendirikan perusahaan
atau baru saja meluncurkan sebuah produk, maka solusi pertama bagi
seorang PR adalah membuat website. melalui website fungsi PR lebih cepat dan
mudah untuk mengenalkan perusahaan dan lebih mendekatkan perusahaan ke
pelanggan. Hal ini disebabkan pelanggan internal maupuan eksternal bisa
menggali lebih dalam tentang sejarah perusahaan, jasa atau produk yang di
tawarkan, bahkan informasi lowongan kerja dan detail informasi perusahaan
Pada prinsipnya, tujuan PR melakukan promosi website secara
online adalah sangat terkait untuk membangun hubungan dengan khalayak.
Website diharapkan dapat mendatangkan pengunjung, semakin banyak orang yang
dapat melihat informasi yang disediakan pada web tersebut, dari segi bisnis
akan lebih banyak orang yang mengenal produk/jasa yang ditawarkan, atau minimal
mengenal company profile Perusahaan. Citra baik perusahaan yang ingin dibentuk
dapat diwujudkan.
Sebelum menampilkan dalam website perusahaan, tidak ada
cara lain bagi Public Relations untuk mempublikasikan perusahaan selain dengan
menyiapkan uang untuk beriklan atau advertorial dengan menggunakan media
baik berupa media cetak maupun media elektronik. Public Relations sibuk menulis press
release yang ditujukan kepada redaktur dan reporter serta berharap agar dimuat.
Kemudian, keberhasilan dari Public Relations diukur dari banyaknya berita
positif mengenai perusahaan. Namun sekarang, melalui website hal diatas sudah
mulai berubah, perusahaan dapat langsung berkomunikasi dengan khalayak.
Khalayak dapat langsung menyampaikan komentar dan saran di website
perusahaan. Meskipun
telah ada website perusahaan, kehadiran media cetak dan elektronik masih
dianggap penting oleh Public Relations karena, media masih berperan dalam
mempublikasikan suatu hal. Sebagai contoh peran tv, koran, majalah dalam
mengangkat nama suatu produk (merek) masyarakat yang tidak terjangkau oleh
internet masih dapat mengetahui produk dari iklan di media.
Tantangan seorang Public Relations adalah harus mampu
bercerita dn membangun hubungan melalui website perusahaan atau jaringan online
lainnya agar menarik media dan pada akhirnya media akan menulis tentang kita.
Berikut
merupakan aturan-aturan lama dalam Public Relations :
Media adalah satu-satunya alat publikasi
Media adalah satu-satunya alat publikasi
1. Public Relations berkomunikasi dengan
wartawan melalui press release
2. Press Release hanya dibaca redaktur dan
wartawan. Perusahaan harus punya berita yang signifikan dulu untuk dibuat
press releasePress release harus mengutip pendapat para pakar, analis,
pelanggan dan lain-lain
3. Berita dimedia hanyalah satu-satunya cara
bagi khalayak untuk mengetahui press release perusahaan
4. Klipping merupakan
cara mengukur efektifitas sebuah press release
Saat ini Public Relations harus bekerja keras dalam dunia
cyber. Perusahaan akan mendapat perhatian dari media cukup besar apabila
perusahaan sudah sangat besar, menyangkut orang terkenal dan pemerintah, dapa
diartikan selama kita belum jadi terkenal maka kita harus berusaha menceritakan
sendiri tentang diri kita dan website dalam hal ini akan sangat membantu.
Menurut
Wimar Witoelar, 3 hal dasar yang harus dipikirkan bagi Public Relations untuk
melakukan Integrated Marketing Communication (IMC) adalah :
1. Penetapan key
messages yang mudah diingat masyarakat
2. Penetapan target
market
3. Menentukan media
yang akan digunakan
Adapun beberapa cara yang digunakan Public Relations dalam
mendekati media yaitu :
Dekati satu reporter yang menulis sesuatu yang khusus
Dekati satu reporter yang menulis sesuatu yang khusus
1. Bantu reporter memahami gambaran
perusahaan kita
2. Jelaskan kenapa khalayak menyukai produk
kita
3. Jangan kirim e-mail tanpa diminta
4. Tindaklanjuti hubungan dengan reporter
yang potensial
5. Komunikasi
dua arah dengan reporter (perlu pitching dari Public Relations)
Kemudian, menentukan strategi Event yang dilakukan oleh Public
Relations untuk mendapatkan perhatian media yang bermuara pada perhatian publik
tentang perusahaan (atau organisasi) atau produk perusahaan . Merancang acara
(event) tertentu atau lebih dikenal dengan peristiwa khusus (special event)
yang dipilih dalam jangka waktu, tempat, dan objek tertentu yang khusus sifatnya
untuk menjalin hubungan dengan khalayak
Event dapat berupa kegiatan CSR, berbagai studi menunjukkan bahwa
perusahaan yang melibatkan warganya dalam strategi dan pelaksanaan CSR memiliki
warga yang bangga akan perusahaannya, loyal, dan menceritakan
pengalaman-pengalamannya yang membanggakan tersebut kepada publik di luar
perusahaan. Kegiatan amal (charity events) juga merupakan salah satu cara
terbaik untuk meningkatkan image baik suatu company. Tetapi jangan hanya
melakukan kegiatan charity kemudian berhenti begitu saja.
Beberapa
perusahaan melakukan hal seperti itu, dan akhirnya publik lebih melihat
kegiatan charity yang mereka lakukan hanya sebagai kegiatan pembohongan public.
Selain fokus pada kegiatan amal, bisa juga membuat berbagai macam
acara/peringatan/perayaan yang ada seperti parade, acara liburan atau apapun
yang bisa meningkatkan penampilan positif perusahaan di masyarakat. Melibatkan
warga dan public dalam kegiatan acara dapat membina hubungan baik yang selama
ini sudah terjalin.
Kelompok kami berpendapat dan menarik kesimpulan bahwa kehadiran public relation sebenarnya sangatlah penting dalam
sebuah perusahaan karena mampu membangun citra terbaik dengan khalayak melalui website dan event.
Namun, tak dapat dipungkiri media seperti cetak dan elektronik masih memiliki
peranan yang penting dalam membantu publikasi sebuah perusahaan kepada
khalayaknya.
Terimakasih untuk informasinya ya, bermanfaat banget.
ReplyDeleteOh ya, sekedar nambahin informasi aja nih. Bagi yang membutuhkan Penyewaan Misty Fan Tangerang untuk keperluan berbagai acara seperti konser, pernikahan, meetup, atau lainnya bisa coba hubungi kami Arthur Teknik. Dengan senang hati, kami akan siap membantu Anda.
Terimakasih lagi min,
Salam blogger.